Terbaik 2 Mading


Alhamdulillah, Kelompok 17 SMP Putri Luqman Al Hakim menjadi Pemenang Mading Terbaik 2 Lomba Observasi Keanekaragaman Hayati Taman Flora Bratang Bagi SMP Dan SMA/Sederajat Tahun 2010


Sekilas

Lomba Observasi Keanekaragaman Hayati Taman Flora Bratang

Bagi SMP Dan SMA/Sederajat

Tahun 2010

Tahun 2010 ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai Tahun Keanekaragaman Hayati Internasional (International Year of Biodiversity). Untuk memperingati penetapan tahun internasional ini dan hari lingkungan hidup sedunia yang diperingati setiap 5 Juni, Tunas Hijau Club bersama pemerintah kota Surabaya mengadakan Lomba Observasi Keanekaragaman Hayati Taman Flora Bratang Surabaya. Lomba ini diperuntukkan bagi kelompok siswa SMP dan SMA/sederajat di Jawa Timur.

Pada lomba ini, masing-masing kelompok peserta diminta melakukan pengamatan/observasi tentang keanekaragaman hayati taman seluas 3,1 hektar, yaitu Taman Flora Bratang atau Kebun Bibit Bratang, yang diyakini memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dan sebagai paru-paru kota. Hal ini bila berdasarkan pada sangat banyaknya jenis tumbuhan yang dipelihara di taman ini. Yaitu, sedikitnya 51 jenis satwa pepohonan pelindung, 9 jenis palem dan sedikitnya 81 jenis tanaman semak hias. Dengan banyaknya jenis tumbuhan yang hidup di taman ini, tetunya semakin banyak pula jenis satwa yang hidup bebas di taman ini.

Hasil pengamatan selanjutnya diwujudkan dalam bentuk foto, poster, kartun dan mading. Disediakan banyak penghargaan bagi peserta lomba ini. Penghargaan itu adalah 10 foto terbaik, 10 mading terbaik, 10 kartun pendek terbaik dan 10 poster terbaik untuk kategori SMP. Penghargaan untuk SMA adalah 2 foto terbaik, 2 kartun terbaik, 2 mading terbaik dan 2 poster terbaik. Selanjutnya juga dipilih 5 juara juara umum untuk kategori SMP dan 1 juara umum kategori SMA/sederajat.

Sementara itu, definisi keanekaragaman hayati adalah keanekaragaman makhluk hidup dan hal-hal yang berhubungan dengan ekologinya, dimana makhluk hidup itu berada.

Nilai-nilai Keanekaragaman Hayati:

1. Nilai Ekologis

Setiap sumberdaya alam merupakan unsur ekosistem alam. Misalnya, suatu tumbuhan dapat berfungsi sebagai pelindung tata air dan kesuburan tanah. Demikian pula suatu jenis satwa dapat menjadi key species yang menjadi kunci keseimbangan alam.

2. Nilai Komersial

Secara umum telah dipahami bahwa kehidupan manusia tergantung mutlak kepada sumber dayaalam hayati. Keanekaragaman hayati mempunyai nilai komersial yang sangat tinggi. Sebagai gambaran, sebagian dari devisa Indonesia dihasilkan dari penjualan kayu dan bentuk-bentuk lain eksploitasi hutan.

3. Nilai Sosial dan Budaya

Keanekaragaman hayati mempunyai nilai sosial dan budaya yang sangat besar. Suku-suku pedalaman tidak dapat tinggal di perkotaan, karena bagi mereka tempat tinggal adalah hutan dan isinya. Sama halnya dengan suku-suku yang tinggal dan menggantungkan hidup dari laut. Konstribusi-konstribusi ini tentunya memberikan makna sosial dan budaya yang tidak kecil.

4. Nilai Rekreasi

Keindahan sumberdaya alam hayati dapat memberikan nilai untuk menjernihkan pikiran dan melahirkan gagasan-gagasan bagi yang menikmatinya. Kita sering sekali pergi berlibur ke alam, seperti gunung, gua atau laut dan lainnya, hanya untuk merasakan keindahan alam. Ketika kembali ke perkotaan, kita merasa bersemangat lagi untuk terus melanjutkan rutinitas dan kehidupan.

5. Nilai Penelitian dan Pendidikan

Alam sering menimbulkan gagasan-gagasan dan ide cemerlang bagi manusia. Nilai ini akan memberikan dorongan untuk mengamati fenomena alam dalam bentuk penelitian. Alam juga dapat menjadi media pendidikan ilmu pengetahuan alam, maka sangat diperlukan bahan untuk penelitian maupun penghayatan berbagai pengertian dan konsep suatu ilmu pengetahuan.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s