Bandingin hari libur di Indonesia dengan negeri Jiran


Suasana liburan tengah asyik dinikmati. Eh … di negeri tetangga (jiran) kita Malaysia mereka belum pada libur. Kalau pengin tahu Kalender Persekolahan dan Cuti untuk sekolah kerajaan dalam Malaysia coba klik di sini. terlihat Anak-anak sekolah di sana habis menikmati liburan tengah tahun tanggal 8 Juni lalu. Mulai 9 Juni mereka sudah mulai semester baru-mungkin aja tahun ajaran baru-sampai nanti 15 Agustus 2008. Tapi sepertinya di Malaysia Tahun ajaran baru dimulai awal Januari. Nah total hari liburnya bisa dilihat ada 84 hari. Banyaknya hari masuk sekolah ada 207 hari.

Bandingkan coba dengan di sini. hitung berapa hari libur rata-rata sekolah di Indonesia, ikut hitungan sekolah negeri. Walaupun belum di hitung, kayaknya bakalan banyak di Indonesia. Kenapa? Sering denger kan ada yang namanya Hari Kejepit Nasional (Harpitnas)? Terus di Indonesia ada 6 agama yang diakui negara, dan masing-masing punya hari raya 1-2 kali, artinya tanggal merah lagi (gampangnya 10 hari lah… yang paling lama biasanya libur puasa dan lebaran. hari besar Nasional anak sekolah juga kadang diliburkan. Yang kelas akhir mau UAN juga libur. Sudah berapa tuh? Mungkin hari sekolah di kita tidak sampai 200 hari. Padahal materi belajar (kurikulum) yang ada di Indonesia termasuk banyak. Kalau dianggap jumlah materinya sama, dilihat dari banyaknya hari libur aja kita menang, tetapi sesungguhnya artinya kita kalah dalam banyaknya hari belajar. Moga aja deh para pelajar Indonesia secara menyeluruh nggak ketinggalan sama negeri tetangga kita itu. Kenapa di bilang secara menyeluruh? Karena masih kita sering dengar prestasi pelajar-pelajar Indonesia di forum kompetisi olimpiade matematika, Fisika, Astronomi de el-el, Tapi mereka itu rata-rata sudahtidak mengikuti hari belajar siswa pada umumnya. Mereka dikarantina dan di latih khusus belajar belajar dan belajar materi tertentu.

Sekolah di SMP Putri ini kadang juga pas yang lainnya libur malah masuk. Sekolah yang lainnya masuk kadang diliburkan. Ada yang merasa kok nggak sama sih? Itulah bedanya. tetapi fakta menunjukkan lama-lama hal itu sudah biasa. Malah libur dan tidak sudah tidak berpengaruh, pengennya masuk sekolah. Contoh, hari ini tadi sudah jelas libur, Eh..masih ada yang cari alasan ke ortu untuk datang ke sekolah, yang mau janjian sama teman, mau lihat informasi, mau liat-liat buku yang akan di pake semester depan, liat calon adik-adiknya yang baru dan macam-macam lah. Bosan ya di rumah? Jangan-jangan menghindari pekerjaan rumah nih.. Astaghfirullahal’adhiem Kenapa ya? Terlalu cinta sama suasana sekolah barangkali.

Kalau ada semangat untuk cinta sekolah kenapa pas waktunya kegiatan belajar mengajar itu kok tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya? Coba deh dipikirkan persiapan buat tahun ajaran baru besok. Mau bikin strategi belajar yang seperti apa. Kalau sekarang mampir di sini, boleh deh kasih komentar buat tulisan yang ada. Selamat buat yang naik kelas baik yang nilainya memuaskan maupun yang mesti dibela-belain ikut tugas tambahan…Pertahankan semangatnya setelah liburan lebih dahsyat yaaa….

Iklan

One thought on “Bandingin hari libur di Indonesia dengan negeri Jiran

  1. Dhony-Kuma berkata:

    Assalamu’alaikum, pak…bu…monggo kunjungi blog keluarga kami

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s