Wake up & Get up! Let’s Go Back to School…


Tak terasa libur lebaran 1429 H tinggal dua hari lagi. Hampir tiga minggu lamanya kita meninggalkan kampus SPiLuqkim tercinta. Rasa rindu pasti telah menghinggapi hati kita semua. Sudah tak sabar rasanya untuk segera bersua kembali dengan umi, abi, dan saudara-saudara seiman.
Terlebih masih dalam suasana idul fitri ini, ingin sekali untuk segera bertemu untuk saling memintakan maaf atas kesalahan-kesalahan yang pernah kita lakukan. Rasanya tak ingin lagi menunggu terlalu lama untuk merajut kembali tali silaturrahim di antara kita.
Nah, untuk menyongsong kembali kegiatan PBM pasca lebaran, kami menyiapkan sedikit tips bagi kalian, siswi-siswi SPiLuqkim tercinta, agar dapat mempersiapkan diri dengan baik. Jangan lupa lho, seminggu setelah PBM aktif kembali, insya ALLAH mulai 20 Oktober ujian tengah semester (UTS) semester ganjil 2008 – 2009 akan digelar. Penting sekali buat kamu untuk benar-benar prepare for the battle. Spesial untuk kelas VII yang paling bungsu, ini adalah pengalaman pertama kalian menghadapi ujian di SPiLuqkim. So, check these out…

Aktif Kembali Pasca Liburan
Oleh: Umi Feni (Counselor)

Libur memang mengasyikkan. Kita bisa beraktivitas dengan sesuatu yang berbeda daripada rutinitas kita sehari-hari. Namun seringkali kita agak terlena saat kembali beraktivitas di sekolah. Tiba-tiba kita harus membawa banyak buku dan mengikuti jadwal yang padat.
Sebenarnya ada cara yang bisa kita lakukan untuk menyiasati. Berikut ini tips dan trik untuk sukses kembali setelah liburan:
1. Perlu pemanasan, bisa dilakukan dengan mulai membuka-buka dan membaca buku beberapa hari sebelum kembali sekolah.
2. Kembali memperbaharui niat untuk lebih bersemangat. Soal motivasi ini bisa berasal dari dalam diri dan dari lingkungan. Namun akan lebih mengena bila semangat itu dibarengi dengan kesadaran diri bahwa segala yang akan kita lakukan adalah sebuah usaha untuk bekal di masa mendatang.
3. Serius tapi santai (sersan), sering-seringlah sharing dengan teman, guru, dan ortu tentang kegiatan yang dialami.
4. Hindari menjadikan beban pikiran dan hati, bila dalam melakukan kegiatan bersama terjadi perbedaan prinsip.
5. Bersikap terbuka dan berani bertanya apabila hal yang belum dimengerti.
Oke, girls! Meski perlahan tapi pasti, semoga kita terus berusaha untuk berubah menjadi lebih baik. Selamat mencoba…. (artikel: fen)

Students, Prepare Yourself for the Next Battle!
Oleh: Abah Nov

Sekarang sudah Jumat (10 Oktober) malam. Berarti hari sudah tinggal besok Sabtu dan Minggu (11 – 12 Oktober). Harus ngapain neh???
Prinsip utama:

1. Gagal merencanakan sama dengan merencanakan gagal.
2. Kesuksesan tidak datang sendiri, tapi harus direncanakan.
3. Karena itu, kamu harus merencanakan kesuksesanmu.
Sukses dalam hal apa? Ah gak usah jauh-jauh, yang dekat-dekat aja dulu. Sukses UTS I semester ganjil 2008 – 2009. Nyaris waktu yang kamu punya tinggal seminggu untuk menyukseskan UTS.
Pastinya kamu ingin dapat nilai bagus, kan? Seperti yang sudah saya bilang di kelas, mencari nilai itu mudah sekali. Kamu tidak perlu pintar kalau hanya sekedar ingin nilai bagus. Kamu hanya butuh strategi yang jitu dan tepat.
Soal strategi nanti kita bahas di kelas aja. Sekarang saya ingin bicara hal-hal yang kelihatannya sepele, namun akan berperan besar buat mendukung kelancaran studimu. Hal-hal yang gak jauh-jauh alias ada di sekitarmu. Jika hal-hal ini di-manage dengan baik, insya ALLAH hidupmu akan terasa lebih mudah.
Seperti yang sudah dikatakan Umi Feni di poin pertama: perlu pemanasan, bisa dilakukan dengan mulai membuka-buka dan membaca buku beberapa hari sebelum kembali sekolah.
Sebelum atau sambil kamu membuka dan membaca buku-bukumu, sekalian dong rapikan kembali kamarmu. Bagi seorang cewek, kamar tuh penting banget. Coba kamu hitung-hitung secara kasaran, berapa jam dalam sehari yang kamu habiskan di kamarmu dibandingkan dengan di ruangan lain di rumahmu. Pasti, kamar menempati ranking pertama sebagai tempat dimana kamu menghabiskan waktumu. Masa di toilet??? Emang kamu cewek apaan???
Nah, karena itu, sudah menjadi keharusan buat kamu untuk memperhatikan nasib kamarmu. Pentingkah? Ya iyalaaah!!! Betapapun hebatnya strategi yang kamu susun untuk sukses ujian, kalau kamu gak nyaman berada di kamarmu, trus kamu mau tidur dimana? Kamu mau belajar dimana? Kamu mau dandan dimana? Kalau kamu stres bin bethe, kamu mau menangis dimana? Kalau nilaimu jelek, kamu sembunyikan nilaimu dimana? Kalau kamu mau telpon dan SMSan enaknya dimana? Ya di kamar, kan…
Makanya tadi saya bilang, ini hal sepele (dan sering terabaikan) padahal dapat berperan dalam mendukung kesuksesanmu.
Merapikan kamar masuk dalam kategori manajemen diri. Baik tidaknya manajemen diri seorang pelajar, gampang menilainya. Kalau di rumah, lihat aja kamarnya. Kalau di sekolah, lihat aja seragamnya bersih dan rapi apa gak? Isi tasnya tertata rapi apa gak? Lokernya rapi apa gak? Tugasnya dikumpulkan tepat waktu apa gak? Seberapa sering: gak bawa buku teks, kehabisan tinta pulpen, alat-alat tulis hilang/tertinggal, lupa agenda sekolah, dsb.
Ingat, ya. Wanita adalah pilar peradaban. Sebagai wanita muslimah kalian adalah pilar bagi tegaknya peradaban islam di masa depan. Dari rahim kalian akan lahir calon-calon mujahid penerus perjuangan umat.
Lha kalau pilarnya saja gak becus me-manage dirinya sendiri, peradaban islam di masa depan mau jadi kayak apa? Mujahid macam apa yang akan kalian lahirkan nantinya?
Aduh, ribet amat sih???
Kalian mungkin merasa masa depan masih jauh. Kalian mungkin menganggap sekarang tuh gak perlu repot-repot dulu, santai aja nikmati masa muda. Seperti ada ungkapan, muda foya-foya, tua kaya-raya, mati masuk surga.
Enak bener??? Gak ada tuh yang kayak gitu!!! Sampe lebaran monyet juga gak bakal ketemu.
Gini deh. Saya menantang kalian untuk membuktikan, apa benar kamar yang bersih dan rapi bisa menunjang sukses kamu? Sekarang dalam waktu 2 hari ini kamu bersihkan dan rapikan aja kamarmu. Trus kita evaluasi lagi nanti setelah UTS. Jika ternyata kamar yang bersih dan rapi gak memberikan manfaat apapun buat kamu, saya akan traktir kamu makan sepuasnya. Setelah itu silahkan kamu acak-acak lagi kamarmu dan biarkan kotor dan berantakan. Oke, berani terima tantangan?

To do list:

1. Tempat tidur selalu bersih dan rapi. Sewaktu-waktu kamu butuh nggelethak, sang kasur siap menyongsongmu. Selesai nggelethak, ya dirapikan lagi. Sprei dan sarung bantal/guling always bersih, gak usah nunggu peta ilermu komplet dari Sabang sampai Merauke baru mau dicuci.
2. Meja belajar dan rak buku ditata rapi dan terorganisir. Buat kelas 7 dan 8, buku dan catatan diatur berdasarkan jadwal ujian. Khusus untuk pelajaran yang butuh perhatian ekstra bisa dikasih tanda atau ditempatkan secara terpisah. Biar ingat terus, bukan malah jadi lupa untuk dipelajari. Buat kelas 9, kayaknya butuh meja/rak ekstra buat menempatkan buku-buku lama kelas 7 – 8 yang harus dipelajari ulang buat persiapan UAN.
3. Simpan kertas ulangan yang sudah dibagikan di tempat yang aman dan mudah terlihat. Buat yang harus remedi, segera minta tanda tangan ortu dan jangan sampai hilang agar bisa kamu pelajari lagi (cari jawabannya, karena remedi cuma mengulang soal yang sama) dan sebagai password buat ikut remedi.
4. Pastikan lantai selalu bersih dan suci (standarnya, harus bisa dipakai sholat). Gak enak kan kalau ada semut, kecoa, apalagi tikus yang berkeliaran. Atau kamu kepleset di kamar sendiri karena kulit pisang. Emang sebaiknya, makanan dan minuman harus dijauhkan dari kamar. Selain karena bukan tempatnya makan dan minum, kan resiko kalau tumpah ke buku, catatan, kertas ulangan, kasur, atau bahkan seragammu.
5. Jangan biarkan baju kotor menggantung terlalu banyak dan lama. Selain aromanya gak enak, mengundang nyamuk tuh! Salah-salah, pas ujian kamu malah kena malaria, kalau kena malarindu tropikangen sih gpp.
6. Hiasi dinding kamarmu dengan catatan-catatan penting yang harus dihafalkan atau kalimat-kalimat motivasi. Turunin dulu deh semua poster-poster yang cuma bikin gak konsen apalagi bikin pikiran kotor. Misalnya: poster pemain bola, pembalap MotoGP dan F1, apalagi posternya Ian Kasela atau Ariel Peterpan. Uh, gak penting banget!!!
7. Keep it simple and well organized. Jaga agar tetap simpel dan tertata rapi sesuai tempatnya. Efeknya adalah gampang untuk membersihkan dan merapikannya lagi. Juga kalau mau mencari-cari suatu barang, kita gak ribet karena banyaknya tetek bengek barang yang berserakan di kamar. Sadar kan kalo kamar bukan gudang. Jadi, barang yang emang bukan tempatnya di kamar, ya segera ungsikan ke tempat yang tepat. Masa nyimpan sepeda di kamar? Masa wajan dan panci juga mau disimpan di kamar? Trus ngapain juga menyimpan sampah atau barang yang sudah gak terpakai lama-lama? Emangnya mau ditunggu sampai jadi emas?
8. Harus ada jam yang berfungsi dengan baik. Boleh jam dinding atau jam weker. Jangan lupa cocokkan penunjukan waktunya dengan jam di sekolah yang dijadikan patokan bel (jam yang di atas pintunya kelas 7 tuh). Kalau perlu majukan waktunya, 10 menit aja cukup kok. Biar kamu always disiplin dan tepat waktu.

Ok, gals… Selamat beres-beres! Good luck, ye… (artikel: nov)

One thought on “Wake up & Get up! Let’s Go Back to School…

  1. aima mengatakan:

    hohoho,,, back to scul rek….
    hri senen esok hbis halal bi halal ad plajrn kq pak.

    btw about badroom,,
    kykx g ad deh yg smpe bwt peta iler dri sabang ampe’ marauke.
    kn dah gede gitu..

    yg mrasa nak panchie,, jgn lpa PR kimiax yo rekk,,,
    awas,, rawan protes and 4get,,
    hehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s