Inside the Class: Demonstrating How the Thermometer Works


VII/C: Physics 07 Nov 08

Meski harus menempati jatah jam pelajaran terakhir (Jumat sesi 7 – 8: 13.30 – 14.50) bukan berarti harus ngantuk dan lemes. Terbukti siswi kelas VII/C sangat antusias mengikuti PBM bidang studi Fisika yang diisi dengan eksperimen cara kerja termometer. Mereka yang terbagi ke dalam 4 kelompok:
Titanium (Ti): Sherlin, Fara, Alya, Firdha, dan Inas
Aurum (Au): Mutia, Ayu, Mala, dan Ifa
Argentum (Ag): Nadia, Itsna, Diba, dan Laras
Tantalum (Ta): Balqis, Nita, Nanda, dan Rista
phy7_071108_1telah menyiapkan peralatan dan bahan eksperimen pada minggu sebelumnya. Menurut Ust. Novrian, pembimbing bidang studi Fisika, lewat kegiatan eksperimen siswi akan mempelajari budaya berpikir dan bekerja ilmiah secara bertahap. Lebih lanjut, alumnus Fisika FMIPA ITS ini menegaskan bahwa penekanannya bukan pada penguasaan materi yang dieksperimenkan. Namun, lebih kepada pembinaan soft-skills antara lain: leadership, team work, hubungan interpersonal, manajemen konflik, dan sebagainya, serta memperkaya pengalaman kerja motorik.
phy7_071108_2Kali ini, yang merupakan eksperimen pertama bagi kelas VII/C, kegiatan baru difokuskan pada penyesuaian dengan anggota tim kerjanya masing-masing agar tercapai kesepahaman dan kekompakan. Karena itu, meski judul kegiatannya eksperimen, siswi baru sampai pada tahapan melakukan prosedur kerja saja. Pada eksperimen selanjutnya siswi akan mulai diperkenalkan dengan proses pengukuran, pencatatan data, penyusunan laporan, hingga presentasi.

Another Story
Bila dicermati, nama-nama kelompok eksperimen Fisika kelas VII/C diambil dari nama logam-logam mulia dan eksotis. Pemilihan nama ini merepresentasikan doa dan harapan agar mereka tumbuh menjadi generasi remaja muslimah yang berani, kuat, dan tangguh bagaikan logam.
Lain kelas VII/C, lain pula kelas VIII/C. Tahun ini kelompok eksperimen Fisika mereka dinamai dengan nama-nama bintang dan bulan (satelit) besar:
Titan: Ainur, Ula, Vanny, Vina, dan Rany
Canopus: Icha, Imar, Shoby, Arofah, dan Ida
Vega: Nadia, Lina, Tika, Ona, dan Puput
Altair: Putri, Annis, Lia, dan Ridha
Callisto: Maya, Dilla, Yuri, dan Inges
yang mewakili doa dan pengharapan agar mereka tumbuh menjadi generasi muda muslimah yang bersinar berkilauan dengan akhlakul karimah. (artikel & foto: nov)

Iklan

One thought on “Inside the Class: Demonstrating How the Thermometer Works

  1. aima51 berkata:

    kls 8x mna????
    paraktek dong……………….
    bosen materi trz…..

    sebelum praktikum kan harus materi dulu. gimana mau yakin ngajak praktikum, kalo dikasih materi tidur melulu???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s