Let’s Bring Our Kids to the Real Success


Meski harus molor setengah jam, karena menunggu kehadiran ortu/wali siswi kelas IX, Parenting Class for 9th Grade Parents (Sabtu, 15/11) akhirnya dimulai pukul 08.30 WIB. Dibuka oleh duet Mutia dan Sherlin yang membacakan ayat-ayat suci Al Quran dan terjemahannya membuat suasana Sabtu pagi yang cerah menjadi semakin syahdu. Sementara itu Writing Club SPiLuqkim menugaskan tiga calon reporternya: Diba, Alya, dan Nita untuk berlatih melakukan liputan.
Kegiatan yang dihelat di Aula Rahman Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya ini dimotori oleh tim Konseling Kelas IX SPiLuqkim (Kesiswaan, BK, dan wali kelas IX).
parent9_151108_2Materi parenting yang dipaparkan oleh Ustd. Feni meliputi langkah-langkah praktis yang dapat dipraktikkan ortu/wali pra, selama, dan pasca UAN baik aspek fisik, aspek psikis, maupun aspek ruhani. Di antara hal-hal yang dibahas ada terdapat beberapa langkah yang perlu dijadikan titik berat, yaitu:
1. Menghargai Minat dan Bakat Anak: rela menerima pilihan anak, sebab jika sesuai dengan minat akan lebih mudah berprestasi, namun bila hanya menuruti orangtua akan cenderung bermasalah dan ingin memberontak karena merasa paksaan orangtua.
2. Persiapan Spiritual yang Istiqomah: diawali dengan keteladanan dari orangtua sehingga anak bersemangat menjalankan ibadah: doa, sedekah, keikhlasan, dan optimis.
3. Siap Menerima Hasil: yakinkan bahwa orangtua siap menerima (tawakal) apapun hasil anak atau menghargai hasil anak sehingga anak menjadi tenang.

Materi selengkapnya dapat di-download disini: parenting-class-november-2008.

parent9_151108_1Usai pemaparan materi acara dilanjutkan dengan dialog. Dari beberapa tanggapan yang dilontarkan oleh ortu/wali yang hadir umumnya merasakan manfaat dari kegiatan parenting class ini. Tidak sedikit yang baru “tersadar” akan kekeliruan-kekeliruan yang dianggap kecil dalam memperlakukan putrinya, ternyata dapat memberikan dampak negatif yang besar dan tak terduga. Ortu/wali mengharapkan parenting class kali ini adalah babak pertama, artinya mereka menantikan SPiLuqkim untuk menggelar babak-babak berikutnya.

Idealnya kegiatan parenting class ini tidak hanya diselenggarakan untuk ortu/wali kelas IX saja. Akan lebih baik jika diadakan berjenjang mulai dari ortu/wali kelas VII dan kelas VIII secara berkala. Mengingat permasalahan dan problem remaja putri di masing-masing tingkatan kelas bersifat spesifik dan unik. Sehingga membutuhkan penanganan yang tersendiri pula. Tim Kesiswaan SPiLuqkim sendiri telah lama menggodok dan mempersiapkan ide ini. Namun semuanya kembali kepada ortu/wali siswi sendiri, apakah memang membutuhkan kegiatan parenting class ini ataukah tidak. Insya ALLAH, tim SPiLuqkim akan selalu mengupayakan yang terbaik.

Tim Konseling Kesiswaan Kelas IX SPiLuqkim:
Ust. R. Andri Wijonarko, S.T. (Ko. Kesiswaan)
Ustd. Feni Yuranoa, S.Si., M.Si. (Konselor)
Ustd. Yuni Istikha, S.Pd. (wali kelas IX/C)
Ustd. Suci Zuharni, Lc., M.Ag. (wali kelas IX/D)

Kita memiliki berbagai sekolah/pendidikan/pelajaran untuk hampir semua profesi yang ada di dunia ini, hingga ke jenjang yang tertinggi. Kita bahkan menginvestasikan dana yang besar, meluangkan waktu dan tenaga, serta bepergian jauh meninggalkan keluarga kita untuk mempelajari berbagai keahlian dan kompetensi yang kita butuhkan untuk menjadi seorang profesional.
Akan tetapi, mengapa sulit sekali mencari sekolah/pendidikan/pelajaran yang membimbing kita untuk menjadi orang tua yang profesional? Apakah menjadi orang tua adalah profesi sambilan yang bisa dikuasai sambil lalu atau secara otomatis bisa didapatkan saat kita beranjak dewasa? Maukah kita melakukan hal yang sama (yang kita lakukan untuk menjadi profesional) untuk belajar menjadi orang tua sejati bagi anak-anak kita?

Muslimah Personality Development Team, SMP Putri Luqman Al Hakim, Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s