Sholat Idul Adha 1429 H bersama Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya


Senin (08/12), bertepatan dengan 10 Dzulhijjah 1429 H, Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya menggelar sholat sunnah Idul Adha berjamaah. Penyelenggaraan ibadah ini bekerja sama dengan Komunitas Muslim Pakuwon City, bertempat di gerbang barat Pakuwon City yang berhadapan dengan kampus Hidayatullah. Bertindak selaku imam dan khatib Ust. KH Anwari Hambali dari Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan.
Alhamdulillah, cuaca pagi itu yang cerah mengundang para jamaah di sekitar kampus untuk ikut bergabung bersama keluarga besar Hidayatullah, sampai-sampai shaf harus digeser beberapa kali untuk menampung jamaah.
Dalam khutbah Idul Adhanya, Ust. Anwari Hambali menceritakan kembali kisah Nabi Ibrahim as. dan putranya Ismail. Yang menjadi sorotan adalah perintah Allah kepada Ibrahim untuk menempatkan sebagian keturunannya di suatu tempat yang gersang dan tandus yang tidak didiami oleh manusia satu pun. Dari tempat yang seperti itulah sebuah peradaban yang berbasis tauhid dirintis. Hari ini kita lihat tanah Makkah menjadi sangat makmur dan sejahtera dimana jutaan kaum muslimin di seluruh dunia berziarah lewat ibadah haji dan umroh.
Jika suatu peradaban dibangun di atas fondasi tauhid maka Allah akan melimpahkan barokah-Nya dari langit dan bumi. Berbeda sekali jika suatu peradaban dibangun atas fondasi materiil belaka. Maka sudah bisa dipastikan kehancurannya.
Sisi kehidupan Nabi Ibrahim as. yang satu inilah yang menjadi inspirasi gerakan dakwah Hidayatullah. Sejak awal berdirinya di tahun 1973, Hidayatullah menyiapkan dan menggembleng kader-kader da’i mudanya. Setelah dirasa siap berjuang, mereka lalu dinikahkan. Kemudian, masih dalam suasana honeymoon, mereka ditugaskan ke berbagai pelosok Nusantara, mencari tempat yang belum dihuni oleh penduduk (biasanya tanah di dekat makam), dan mengawali kehidupan baru disana. Semakin tinggi kualitas seorang kader, semakin jauh ke pelosok ia ditugaskan. Mulai dari membangun masjid, mendirikan TPA, hingga kemudian merintis berdirinya cabang Pondok Pesantren Hidayatullah di tempat tersebut.
Usai sholat sunnah Idul Adha berjamaah, keluarga besar Pondok Pesantren Hidayatullah bersilaturrahim sembari menyantap sarapan pagi sederhana di kampus. (artikel & foto: nov)

Iklan

2 thoughts on “Sholat Idul Adha 1429 H bersama Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya

  1. Bang Kritikus berkata:

    Selamat Hari Raya Idul Adha 1429 H, Kembali Berkorban Untuk Persatuan Islam

  2. yusuf idris '98 berkata:

    assalamu’alaikum wr. wb.
    3tahun ana disana
    pendidikan , sosialisasi , dan segala .
    ana hanya ingin berterima kasih atas semuanya .
    salam untuk para asatid pengasuh .

    dari: yusuf idris
    smp ’98

    Wa’alaikumsalam wr. wb.
    Insya ALLAH kami sampaikan salam Ananda Yusuf Idris kpd Asatidz SMP (putra) Luqman Al Hakim.
    Kami mendoakan semoga ilmu yg Ananda dptkan bisa berguna dan diamalkan secara istiqomah.
    Jadikan segala kenangan baik sebagai motivasi utk bergerak maju dan jadikan pengalaman yg kurang menyenangkan sbg pelajaran agar Ananda bisa menjadi yg lebih baik.
    Salam hormat kami utk keluarga Ananda…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s