We Love to Share!


Mendung yang menaungi kampus Pondok Pesantren Hidayatullah di pagi Selasa (09/12) tak menyurutkan langkah siswi-siswi SPiLuqkim untuk menuju sekolahnya. Hari ini SPiLuqkim menggelar QARIB (Qurban Asah Rasa Ikhlas Berbagi) 1429 H, sebagai bagian dari perayaan Idul Adha 1429 H. Bekerjasama dengan Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Surabaya, SPiLuqkim mengundang sekitar 50 anak binaan BMH untuk bersama-sama berbagi kegembiraan.
Gimana sih acaranya?
Simpel aja kok. Minggu lalu, menjelang Idul Adha, Panitia QARIB 1429 H yang dikomandani Ust. Andri mengontak beberapa pihak tentang ide sederhana ini. Dibantu oleh tim guru SPiLuqkim (yang always kompak) yang melakukan nego and lobi sana-sini, alhamdulillah, SPiLuqkim berhasil menggaet 4 ekor kambing kurban (1 ekor dari BMH Surabaya, 3 ekor lagi dari siswi SPiLuqkim yang tahun ini kurban, yaitu: Nadia 07, Arofah 07, dan Nanda 08). Sebenarnya bisa dapat hewan lebih, karena ada beberapa siswi lagi yang menyerahkan hewan kurban langsung ke Panitia Syiar Qurban Hidayatullah. Lewat ketuanya, Ust. Himawan (dosen ITS, orang tua Tya 06), SPiLuqkim mendapat komitmen untuk menerima drop-dropan hewan kurban lagi.
Hingga Senin (08/12) sore, Ust. Andri sudah fixed menerima 4 ekor kambing kurban sesuai target Panitia QARIB SPiLuqkim, sehingga kambing kurban yang dari Panitia Syiar Qurban diputuskan untuk tidak diambil.
Urusan penyembelihan hingga nyundhuk’i sate (dan bikin gulai), Panitia QARIB SPiLuqkim memanfaatkan jasa ahli sate profesional, Bp. Munir, yang bertetangga dengan kampus Hidayatullah. Langkah ini diambil karena untuk urusan-urusan yang itu cukup merepotkan jika tidak ditangani oleh ahlinya. Jadi, praktis, kan? Siswi-siswi SPiLuqkim sudah tinggal mbakar satenya saja.
Acara QARIB ini digelar bersamaan dengan pemotongan dan pembagian daging kurban oleh Panitia Syiar Qurban Hidayatullah. Cuma beda lokasi. Yang satu di depan gedung SD Luqman Al Hakim, yang acara SPiLuqkim, ya di depan kampus SPiLuqkim dunk.
Karena menunggu acara utama dibuka, QARIB sendiri dibuka sekitar pukul setengah 10. Dipandu oleh Nanda 08, cuaca yang gerimis itu tidak menyurutkan antusiasme anak-anak binaan BMH yang hadir. Acara seremonial yang digelar di depan kantor administrasi SPiLuqkim ini diisi dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Mutia 08, sambutan dari Ustd. Ina (Wakasek SPiLuqkim), tausiyah dan doa oleh Ust. Miftahuddin (Direktur Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya, surprise and happy banget loh beliau berkenan hadir…), dan penyerahan sate kambing secara simbolik oleh Auliya 07 mewakili SPiLuqkim kepada salah satu undangan.
Meanwhile, di koridor kampus, siswi-siswi tim bakar sate (ngos-ngosan sambil menahan perih di mata) sibuk memanggang sate. Gak gampang ternyata! Tapi bukan anak SPiLuqkim namanya kalo nyerah gitu aja. Ya udah. Jadi deh koridor lantai 1 heboh banget. Ada yang berteriak karena terkena asap, kecipratan bara api, atau diteriakin temannya karena satenya gosong. Aya aya wae
Siswi-siswi lain sibuk di posnya masing-masing. Ada yang wira-wiri mengecek kebersihan. Ada yang menyiapkan lontong dan gulai, dan masih banyak lagi. Pokoknya ruwet…
Usai doa yang dipimpin Ust. Miftahuddin, acara dilanjutkan dengan makan bersama. Anak-anak binaan BMH yang datang diajak pindah ke koridor lantai 1 tempat mbakar sate. Oh ya, sebelum makan, mereka sempat ikutan mbakar sate bersama mbak-mbak SPiLuqkim. Cihuy
Usai menyantap sate, para tamu kecil ini diajak kuiz kecil-kecilan dipandu Auliya 07, ada hadiahnya juga lho. Menjelang pukul 11, acara QARIB ditutup dengan doa oleh Ustd. Suci. Setelah itu, giliran panitia dan siswi SPiLuqkim makan-makan. Setelah itu, bersih-bersih dunk
Well, capek? Pasti! Tapi puas banget bisa berbagi di hari raya kurban ini. Meski nilainya kecil, hanya sate beberapa tusuk, semoga semangat kurban yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim as. dan Nabi Ismail as. tertanam dengan kuat di hati siswi SPiLuqkim. Amiin… (artikel: nov/foto: nov & dib)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s