Keterlibatan Orang Tua Sangat Berpengaruh pada Prestasi Siswi


Penelitian baru dari Universitas New Hampshire menunjukkan bahwa para siswi melakukan hal yang lebih baik di sekolah manakala orang tua (ortu) secara aktif terlibat dalam pendidikan mereka. Ini berpengaruh positif bagi prestasi siswi.
“Usaha orang tua secara konsisten berhubungan dengan prestasi yang tinggi, dan besaran dari efek usaha para ortu ini cukup nyata.” kata Prof. Karen Smith. ”Tanpa keterlibatan ortu, kami temukan bahwa sekolah perlu menambah pengeluaran 1.000 USD per siswi untuk mencapai hasil prestasi yang sama dengan adanya keterlibatan ortu”.
Kelihatannya para ortu terutama sekali tertarik dengan prestasi akademik putrinya. Penelitian menemukan para ortu lebih banyak membicarakan tentang kegiatan sekolah anaknya di waktu makan malam.
“Ada beberapa teori mengenai mengapa remaja putri (cewek) tampak menyimpan lebih banyak perhatian dari ortunya dibandingkan remaja putra (cowok). Salah satu kemungkinan adalah cewek lebih komunikatif dengan orang tuanya sehingga pembicaraan tentang hal akademik lebih mudah.” kata Karen.
Peneliti juga menemukan bahwa ortu akan mengurangi keterlibatannya (usahanya) ketika sumber daya sekolah bertambah, sehingga hal ini akan menurunkan pengaruh sumber daya sekolah yang sudah ditingkatkan itu. Alhasil, penambahan sumber daya sekolah mungkin tidak seefektif yang kita perkirakan karena ortu mengurangi keterlibatannya.
Para peneliti ini menggunakan data nasional (AS) dari 10.000 lebih siswi kelas 8 dari sekolah umum dan swasta, orangtuanya, para guru, dan administator sekolah. Para peneliti lebih tertarik tentang seberapa sering ortu mendiskusikan aktivitas atau even tertentu yang menarik  kepada anak, bicara tentang hal yang dipelajari anak di kelas, diskusi tentang memilih program (termasuk kursus/pelatihan/ekskul) di sekolah, menghadiri rapat sekolah, dan menjadi pelopor (dengan sukarela melakukan sesuatu acara dan sebagainya) di sekolah anaknya.
Untuk mengevaluasi sumber daya sekolah, para peneliti meninjau pengeluaran per siswi dan himpunan 5 karakteristik sekolah: rasio siswa terhadap guru, gaji terendah yang diterima guru, persentase guru dengan strata 2 (S2) dan S3, persentase siswi yang tidak ikut program makan siang dari sekolah, dan persentase siswa non minoritas dalam organisasi siswi.(raw)
Sumber: Science Daily, May 2008

Alhamdulillah, SMP Putri  selalu berusaha melakukan komunikasi efektif dengan orang tua lewat forum kelas, home visit, maupun via telepon. Mari kita sinergikan sumber daya sekolah dan orang tua SMP Putri ini untuk memperoleh output dengan prestasi yang unggul.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s