Training for Excellent Life(T-fEL) for 9th Grade Students


tefl9_010209_02Training for Excellent Life(T-fEL) digelar 1-2 Feb 09 di hall lantai 3 SD Luqman Al Hakim. Pelatihan motivasi yang dikhususkan untuk siswi kelas IX ini sebagai salah satu rangkaian persiapan menuju UAN 2009. Trainer, Ust. RUA Zainal Fanani, didatangkan langsung dari Yogyakarta. Tahun ini adalah kali kedua beliau memberikan pelatihan di Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya.
Di hari pertama, trainer banyak memberikan fakta-fakta tentang orang sukses yang ternyata banyak sekali di antara mereka yang tidak dianugerahi kesempurnaan fisik oleh Allah (alias cacat). Salah satu contohnya adalah Stephen Hawking, fisikawan top dunia abad 21, yang saat ini harus duduk di kursi roda dan berbicara dengan bantuan peralatan elektronik. Ust. Fanani ingin menunjukkan kepada para siswi bahwa kendala fisik bukanlah halangan untuk meraih sukses. Justru kekuatan mental, yaitu motivasi, dapat menjadi pendorong kuat untuk meraih prestasi. Di antara banyak hal yang dapat dijadikan motivasi untuk sukses adalah, membahagiakan orang-orang yang paling dicintai, yakni orang tua.
Di hari kedua, Ust. Fanani lebih banyak membeberkan tips sukses. Secara umum, jalan kesuksesan dibagi menjadi empat tahapan yang masing-masing memiliki poin-poin penting.
tefl9_010209_01Tahap 1, sikap fisik: sopan santun, menghargai orang lain, setiap tindakannya sangat terkendali, selalu tersenyum, antusias dan penuh semangat, bukan anggota OMS (Organisasi Mata Sayu), positive motion = move faster, dan (yang juga penting adalah) good fashion.
Tahap 2, keyakinan: harus – bukan ingin, bangkit dari kegagalan, membayangkan keberhasilan, dapat membedakan imajinasi dengan kenyataan, berani mengambil keputusan – semakin dewasa, refleksi diri – apa yang dapat dibanggakan, menganggap setiap momen dalam hidup adalah saat terakhir (ingat mati), jika orang lain bisa – maka aku lebih bisa, dan langit adalah batasnya.
Tahap 3, visualisasi kesuksesan: menetapkan impian, menuliskan dan membacanya berulang-ulang, menemukan model orang sukses (amati – tiru – sesuaikan), membayangkan kesuksesan secara intens, dan mengkomunikasikannya baik dengan diri sendiri maupun dengan orang lain.
Tahap 4, saat meraih sukses: rendah hati, bersyukur kepada Allah, membahagiakan orang lain, dan meraih sukses dengan gagah berani.
Well, nice tips! Semoga bermanfaat… (liputan: ned/div, editor: nov)

Iklan

One thought on “Training for Excellent Life(T-fEL) for 9th Grade Students

  1. nadya Eva Firdhani berkata:

    ass . wr wb .
    acara T-fel kmaren seru abiz .
    sngad .
    buatku jadi bersemangat lg .
    aku yakin bisa lulus UAN 2009 dengan nilai trbaik .
    teruslah bermimpi .
    karena , dengan bermimpi semakin mudah kita mendapatkan mimpi tersebut .
    pkoknya pak zainal keren abiz .
    penuh cmangat .
    n berhasil menulari semangatnya ke kita” yang udah pada mulai stress mikir UAN .
    now , i’m ready to reach all my dreams .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s