Pertemuan 3 Jalur: Sekolah-Siswi-Ortu


Kamis, 26 Maret 2009 lalu telah dilangsungkan forum pertemuan orang tua-siswi-dan guru/sekolah yang berfokus membicarakan Ujian Akhir Nasional. Sengaja forum ini dibuat 3 jalur karena memang keberhasilan menempuh UAN yang dijalani para siswi tidak lepas dari dukungan orang tua dan guru/sekolah.

Pada sesi pertama Ustadzah Rita (Koordinator Akademik) memaparkan perkembangan akademik siswi kelas 9. Secara umum grafik dari mulai tes uji coba UAN pertama hingga try out Program Intensif menunjukkan kenaikan persentase kelulusan siswi untuk keempat bidang studi UAN. Hasil try out terakhir MKKS memang belum menggembirakan, namun di banding hasil tahun sebelumnya tingkat kelulusan siswi sekarang lebih tinggi.

Sesi kedua Ustadz Andri (Ko Kesiswaan), menyampaikan pandangan-pandangan pasca UAN (Begin with the end in mind). Berdasar angket yang sudah diisi ortu dan siswi disimpulkan bahwa pilihan  sebagian besar ortu dan siswi adalah  SMA Negeri pasca lulus SMP ini. Hanya bisa dihitung jari yang berkehendak melanjutkan ke Pondok Pesantren. Di sampaikan juga beberapa data nilai minimal masuk SMA Negeri di Surabaya. Memang ada siswa dengan nilair ata-rata  UAN mepet 7 ternyata bisa masuk sekolah dengan persaingan ketat. Bisa di tebak, tentu mereka menggunakan jalur prestasi non akademik mungkin level nasional untuk menembusnya. Jadi, kesimpulannya, bila siswi menginginkan SMA Negeri yang ‘favorit’,  ya harus berjuang meraih nilai UAN setinggi-tingginya. Kalau mau aman ya… 36,00 lah…!

Sesi ketiga, giliran Ustadzah Feny (Ko. Bimbingan Konseling) menyampaikan kiat-kiat bagi ortu dalam mendampingi siswi menghadapi masa-masa UAN ini (100_0537kompressdownload file ppt). Problem yang sering muncul tentu ada solusi untuk mengatasi. Sesi ini kemudian dilanjutkan dengan penyampaian uneg-uneg para siswi kepad pihak guru dan ortu, apa saja yang mereka harapkan untuk mendukung mereka. Sungguh sebuah forum yang terbuka untuk menerima kritik dan saran. Para siswi dengan tanpa tedheng aling-aling menyampaikan keluhan pada ortu di rumahnya yang cukup membuat haru seluruh hadirin. Kurangnya komunikasi bisa terungkap di forum ini.

Terakhir, ketua forum kelas 9 Ustadz Arief Prasojo memberikan game dan motivasi bagi ortu, guru dan seluruh siswi. Kegiatan ini cukup membuat suasana kembali happy dan semakin membangkitkan kepercayaan diri ketiga belah pihak untuk siap dan sukses menghadapi UAN 2009 dengan mengharap ridha Allah SWT.(And)

Iklan

One thought on “Pertemuan 3 Jalur: Sekolah-Siswi-Ortu

  1. Hi, good post. I have been thinking about this topic,so thanks for posting. I’ll definitely be subscribing to your blog. Keep up the good work

    Thank U very much for your visit. So glad our post can be useful. Please come again next time and we are looking forward to your next comments…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s