Delapan Keterampilan yang Sangat Dibutuhkan


SPiLuqkim’s Studentship Division

Buat kamu siswi SPiLuqkim kelas IX yang baru saja usai ujian, tentu sudah mulai merencanakan masa depanmu. Belum? Wah, tidak apalah. Belum terlambat kok. Nah, berikut ini kami adaptasikan artikel dari http://blackplatinum.wordpress.com/2009/05/11/8-ketrampilan-kerja-paling-dicari yang semoga bisa memberikan inspirasi dan ide buat kamu dan ortu dalam merancang masa depanmu.

Ada 8 (delapan) keterampilan yang paling dicari menurut penelitian Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat, yaitu:

Keterampilan bahasa asing
Sebuah keniscayaan seiring dengan tuntutan globalisasi. Dari sekian banyak bahasa yang paling banyak dicari adalah: bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa Cina, bahasa Jerman, dan bahasa Prancis. Umumnya keahlian bahasa ini dibutuhkan pada profesi: penerjemah, diplomat, juru bicara, humas, dan sebagainya.

Keterampilan teknis (aplikasi dan engineering)
Perkembangan teknologi yang sedemikian pesat membutuhkan tenaga-tenaga yang cakap di bidang engineering. Mungkin dunia yang satu ini kental aroma maskulin alias kerjaan cowok banget. Tapi boleh juga kok cewek menekuni dunia engineeringini. Di antaranya adalah: kelistrikan, elektronika, telekomunikasi, mekanikal – elektrikal, mesin industri, otomotif, transportasi, dan sejenisnya.

Keterampilan sumber daya manusia
Jika sebuah perusahaan mempunyai pekerja lebih dari satu orang, tentu mempunyai masalah yang berhubungan erat dengan bagaimana melakukan interaksi timbal balik di perusahaan itu. Sehingga sudah pasti, sukses sebuah perusahaan sangat bergantung pada bagaimana para pegawai di semua lini perusahaan itu dapat saling bekerja sama. Mereka yang bergerak di bidang kerja ini umumnya memang memahami dan menangani segala kebutuhan para pekerja di suatu perusahaan. Keterampilan ini berkaitan erat dengan posisi: personalia, departemen sumber daya manusia (SDM, Human Resources Department/HRD), bagian perekrutan pegawai, dan sebagainya.

Keterampilan dalam pemrograman komputer
Semua perusahaan moderen sudah menjadikan IT sebagai basis sistem operasi perusahaannya. Karena itu di masa depan sangat dibutuhkan karyawan-karyawan yang melek IT, gak boleh gaptek loh. Bukan sekedar aplikasi kantoran (word, excel, power point, access, publisher) saja. Itu mah hukumnya dah wajib atuh, neng! Kamu harus bisa lebih lagi. Terutama aplikasi yang berbasis jaringan (networking) dan internet. Jika kamu menguasai HTML, Visual Basic, Unix, atau SQL Server maka kamu adalah aset besar bagi perusahaan. Terlebih jika kamu memegang sertifikat resmi semacam, Microsoft Certified System Engineer (MCSE), Cisco, dsb. maka gajimu bisa ribuan dolar per bulan.

Keterampilan mengajar
He… he… he… Jangan anggap remeh profesi guru. Ternyata di Amrik sono sangat membutuhkan keahlian profesional yang dimiliki guru. Bukan hanya terbatas bekerja di lembaga pendidikan saja loh. Dunia bisnis dan industri pun butuh orang-orang yang jago mengajar. Di luar negeri sana, les privat bukan tentang pelajaran sekolah saja tetapi banyak perusahaan yang merekrut pengajar privat untuk meng-upgrade skill stafnya, misalnya: perpajakan, manajemen bisnis, pelayanan sosial, atau manajemen administrasi. Mereka yang memiliki pengetahuan multi disipliner semacam ini biasanya kerap ’dikejar’ banyak perusahaan untuk memberikan short course bagi pegawai mereka.

Keterampilan manajemen keuangan
Biarpun punya ribuan insinyur jenius, jika bagian keuangannya keropos maka ambruklah sebuah perusahaan besar sekalipun. Karenanya perusahaan juga membutuhkan perencanaan keuangan yang sistematis untuk kelangsungan hidup jangka panjangnya. Banyak perusahaan seringkali mendatangkan penasihat bisnis, investasi dan perencanaan keuangan yang ideal bagi masa depan mereka. Oleh karena itulah, kamuyang punya kemampuan di bidang akuntansi, perencana keuangan atau bisnis dan investasi, akan selalu menjadi incaran perusahaan

Keterampilan ilmu-ilmu eksakta murni
Perkembangan teknologi secanggih apapun membutuhkan para scientist untuk melakukan riset. Jadi meski pelajarannya kerap jadi momok di sekolah, ternyata di masa kini dan masa depan sangat butuh para ahli di bidang: Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi sebagai ilmu dasar (basic sciences – termasuk pula Statistika, Farmasi, Ilmu Komputer, dsb.). Di ITS, Unair, dan Unesa pun, semua jurusan Fakultas MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) bukanlah jurusan-jurusan favorit. Mungkin karena jadi momok itulah banyak orang yang enggan mendalami ilmu eksak ini). Berita bagusnya, masih sangat sedikit orang-orang yang jago di ilmu-ilmu itu. So, buat kamu, jangan takut deh masuk ke dunia MIPA itu. Percayalah, di perguruan tinggi nanti, ilmu-ilmu itu akan terlihat dan terasa sangat berbeda bila dibandingkan dengan yang diajarkan guru-guru MIPA di sekolahmu. (Konon, di semua pasar bursa efek Amrik terdapat sekitar 70% analis keuangan yang berijazah Matematika dan Fisika, lho kok bukan Ekonomi/Keuangan???)

Keterampilan memecahkan masalah
Hidup itu penuh dengan masalah. Jika tidak mau masalah, maka jangan hidup. Apalagi di dunia industri dan bisnis, yang namanya masalah tuh buanyaaaaaaaaaaaaak puol!!! Makanya mereka butuh orang-orang yang jago memecahkan masalah alias mencari solusi. Mereka sama sekali gak butuh orang yang nambah-nambah masalah apalagi menjadi bagian dari masalah. Sayangnya, keterampilan yang satu ini tidak ada fakultasnya di perguruan tinggi manapun, bahkan tidak ada kurikulumnya. Mau tidak mau, masing-masing individu harus belajar sendiri lewat berbagai pengalaman baik yang manis maupun yang pahit. Mereka yang mampu mengidentifikasi berbagai masalah, mencari solusi, membuat keputusan-keputusan yang efektif adalah nilai tambah yang paling dicari perusahaan. Yang masuk dalam kategori ini misalnya bidang kerja: bisnis administrasi, konsultan manajemen, administrasi negara, ilmu pengetahuan, obat-obatan, atau insinyur.

Semoga bermanfaat…

Thanks to: Mr. R. Andhika (Biasawae Community)
http://blackplatinum.wordpress.com

Iklan

One thought on “Delapan Keterampilan yang Sangat Dibutuhkan

  1. blackplatinum berkata:

    wah blognya bagus banget mengenai pendidikan, nih bagus buat referensi buat pelajar…

    thank you

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s