Science Practical Test for 9th Graders 0708


Usai merampungkan ujian akhir kloter kedua (ujian akhir sekolah untuk mata pelajaran non UAN), Kamis (14/05) siswi kelas IX SPiLuqkim memasuki kloter ketiga yaitu ujian praktek. Adapun pelajaran yang diujikan antara lain: PAI, Sains, KTK, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris (speaking), TIK, dan Pendidikan Jasmani yang dijadwalkan hingga akhir pekan ini.

Redaksi sempat meliput pelaksanaan ujian praktek Sains yang digelar dari pukul 10.00 hingga 12.00 WIB. Bertindak selaku penguji adalah: Ustd. Rita (Biologi), Ust. Andri (Kimia), dan Ust. Novrian (Fisika). Sedangkan materi yang diujikan antara lain: identifikasi tumbuhan biji monokotil/dikotil, identifikasi senyawa asam/basa dengan indikator kertas lakmus, dan pengukuran arus pada rangkaian resistor seri/paralel.

Siangnya…

Ba’da sholat dhuhur dan makan siang, ujian praktek berlanjut dengan mata pelajaran KTK. Siswi kelas IX menghadapi sebuah tantangan yang menggabungkan tiga bidang keterampilan yang pernah mereka pelajari selama studi di SPiLuqkim, yaitu: Desain Produk, Tata Boga, dan Menjahit. Nah, ketiga bidang itu diramu menjadi sebuah soal: siswi harus menyajikan segelas sirup buah (Tata Boga), tutup gelasnya dihias aksesori (Desain Produk), dan beralaskan kain yang dihias motif jahitan (Menjahit). Biar tambah seru, kemarin (Senin, 13/05) Ustd. Ulfa membekali mereka dengan buah-buahan: nenas, melon, dan jeruk untuk diolah menjadi sirup di rumah masing-masing. Tim penguji terdiri dari: Ustd. Nur Laila (Desain Produk), Ustd. Ulfa (Tata Boga), dan Ustd. Nia (Menjahit). (artikel/foto: nov)

Iklan

3 thoughts on “Science Practical Test for 9th Graders 0708

  1. Izza '06 berkata:

    info tambahan:
    bahasa arab juga ada prakteknya, lho…

    Yupp, betul! Kemarin kelewatan waktu menulis artikelnya. Thanks a lot…

  2. abi enha berkata:

    SlmWrWb

    SUBHANALLAAH, blog SpiLuqKim ini telah menjadi ‘the new icon’ dari bidang pendidikan di Kampus Pesantren Hidayatullah Surabaya. Beberapa orangtua/wali santri dari KB-TK Yaa Bunayya, SD Integral Luqman al Hakim, SMP/SMA hingga STAIL telah memberikan apresiasi yang positif termasuk para alumninya. Bahkan beberapa Ustadz (bisa saya sebutkan Ustad Amunrowi, Ustad Endang, Ustad Aep dan beberapa yang lain) telah berkenan bergabung di blog ini. Sungguh sebuah hasil dan usaha yang tak sia2 dari ‘admin’nya. Semoga ALLAH menjadikan usaha para ‘admin’ ini sebagai ibadah & amal sholehnya.

    Beberapa bagian yang perlu ditambahkan agar pengunjung lebih tahu profil dr SpiLuqKim serta bisa menjadi acuan bagi ‘pendatang baru’ :

    1. Adanya editorial (bulanan) sebagai pengantar thematik dari Ibu Wakasek sebagai nahkoda SpiLuqKim. Hal ini akan menjadi ‘sesuatu’ yang sangat berarti bagi orangtua/wali siswi untuk mengetahui arah kebijakan sekolah ini dari waktu ke waktu. Interaksi yang harmonis dan berkesinambungan antara Wakasek SpiLuqKim dengan orangtua/wali siswi sungguh menjadi penguat silaturrahim yang ‘dahsyat’, mengingat kesibukan yang cukup tinggi dari ibu wakasek sebagai aktifis Mushida.

    Insya ALLAH usulnya kami teruskan kepada Ustd. Ina, semoga beliau berkenan…

    2. Ada kolom tertentu bagi Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah, sebagai media presentasi pengelola YPPHS sebagai induk kegiatan Kampus Hidayatullah Surabaya. Ini diperlukan bagi ‘pengunjung’ blog ini yang akan menjadi ‘pendatang baru’ di Kampus Hidayatullah khususnya di SpiLuqKim. Bagaimanapun perkenalan pertama dengan kampus Hidayatullah ini akan memberikan kesan positif bila bisa dikelola dengan baik.

    Karena YPPH adalah induk organisasi kami yang tentunya memiliki sumber daya yang jauh lebih memadai, kami seharusnya cukup me-link ke website atau weblog resmi YPPH

    3. Mengingat kesibukan para ‘admin’nya (mulai kesibukan mengajar bid studi/akademis, menemani dan menjadi orangtua/kakak/[bahkan] sahabat para siswi dan kesibukan keluarganya) perlu mulai dipikirkan pengkaderan atas pengelolaan blog ini. Beberapa kali blog ini terlambat diup-date terjadi, ketika para admin sedang super sibuk oleh kegiatan2 tersebut diatas.

    Iya ya… Memang perlu pengkaderan. Tapi siapa???

    Demikianlah, sumbang saran atas blog yang sedemikian ‘inovatif’ penuh ‘kreatifitas’ dan ‘inspiratif’ ini. Sungguh kami belajar banyak dan membanggakannya. Serta menaruh harapan besar bagi pendidikan yang berbasis ‘tauhid’ ini.

    Semoga ALLAH memudahkan segala urusan !

    Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kesetiaan Bpk. Himawan sekeluarga (Ibu Eny dan Ananda Tya) yang selalu mencurahkan perhatian kepada blog ini dalam berbagai wujudnya. Sungguh pertemuan kita di SPiLuqkim adalah barokah dari ALLAH Swt.

  3. Willingly I accept. An interesting theme, I will take part.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s