Dua Siswi SPiLuqkim Raih Nilai 10 UAN Matematika


Bina Izzatu Dini dan Delftya Enhaperdhani, siswi SPiLuqkim kelas IX, berhasil meraih nilai sempurna, 10, untuk bidang studi Matematika dalam UAN SMP tahun 2009 ini. Prestasi ini sangat membanggakan bagi SPiLuqkim yang tahun ini akan meluluskan angkatan keduanya. Terlebih bagi para pengasuh SPiLuqkim yang notabene adalah guru-guru junior minim pengalaman dibandingkan dengan SMP/MTs lainnya.

Secara keseluruhan, dari 32 siswi SPiLuqkim angkatan 2006 yang mengikuti UAN 2009, 31 siswi berhasil lulus murni dan 1 siswi masih harus mengikuti ujian paket B.

Apakah ini berarti SPiLuqkim gagal lulus 100%???

Pihak SPiLuqkim tetap berkeyakinan lulus 100% dalam hal kejujuran. Karena SPiLuqkim menjamin tidak ada upaya-upaya apapun untuk meluluskan siswi dengan cara-cara curang yang bertentangan dengan ajaran Islam. Hanya ada tiga hal yang dilakukan SPiLuqkim dalam mempersiapkan UAN yaitu: BELAJAR, BERDOA, dan TAWAKAL kepada ALLAH Swt.

Terkait satu orang siswi yang belum lulus UAN, pihak Akademik dan BK SPiLuqkim menegaskan bahwa siswi yang bersangkutan sebenarnya adalah siswi dengan kebutuhan khusus (special needs) yang selama studi mendapat pendampingan khusus serta terapi dari sebuah lembaga psikologi. Sehingga pada dasarnya siswi tersebut memang tidak bisa diuji dengan cara-cara seperti UAN. Meski sebenarnya sejak awal semester ganjil 2008-2009 pihak SPiLuqkim telah mengupayakan langkah-langkah yang legal dan formal agar tercapai win-win solution namun rencana-rencana solusi tersebut terganjal birokrasi.

Belajar dari kasus ini, pada tahun ajaran mendatang SpiLuqkim akan membuat perencanaan yang lebih taktis dan strategis dalam menangani siswi-siswi dengan kebutuhan khusus agar diperoleh solusi yang baik bagi kedua pihak, yaitu:

  1. siswi yang berkebutuhan khusus tidak didhalimi
  2. statistik kelulusan UAN sekolah bisa mencapai 100%

Selamat kepada siswi-siswi angkatan 2006…

(artikel: nov)

Iklan

6 thoughts on “Dua Siswi SPiLuqkim Raih Nilai 10 UAN Matematika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s