Catatan Izza (bagian 1)


Insya ALLAH pada beberapa waktu ke depan, Bina Izzatu Dini, alumni SPiLuqkim 2006, akan berbagi pengalamannya mempersiapkan diri untuk meneruskan studi SMA di negeri Singapura. Selamat membaca…

Assalamualaikum wr. wb.

Menunggu studi SMA di Singapura yang baru dimulai Januari 2010 yang akan datang, sekalian menambah skill bahasa inggris yang masih jauh dari sempurna, saya memutuskan untuk menetap di Pare, kampung Inggris, selama beberapa bulan.

Setelah seminggu di Pare, saya rasa merupakan sebuah ide yang cukup menarik ketika Ust. Novri meminta saya untuk berbagi kisah dan pengalaman selama di Pare ini.

Pare disebut kampung Inggris bukan karena banyak bule yang tinggal di wilayah ini. Melainkan karena banyaknya lembaga kursus bahasa Inggris yang ada di Pare, tepatnya desa Tulungrejo. Ada sekitar 70 lebih lembaga kursus bahasa disini. Sebagian besar memang lembaga kursus bahasa Inggris, namun ada juga beberapa lembaga kursus bahasa Jepang, Mandarin, Korea, Arab, Jerman, dan Prancis. Tidak hanya menyediakan kursus, banyak yang juga menyediakan English Camp. Di sinilah yang saya pilih sebagai tempat tinggal saya selama di Pare.

Di English Camp ini ada kewajiban berkomunikasi bahasa Inggris selama 24 jam sehari, 6 jam seminggu, kecuali hari Minggu diliburkan dari kewajiban ini. Bagi yang melakukan pelanggaran, setiap camp memiliki konsekuensinya masing-masing. Di camp saya, setiap berbahasa Indonesia, per kata di denda 500 rupiah. Selain kewajiban berkomunikasi bahasa Inggris, juga ada program sholat subuh dan maghrib berjamaah, serta program ba’da subuh plus ba’da maghrib. Bisa berupa memorize vocab, speech, discuss, presentation, ataupun watching movie. (bersambung)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s