Silaturrahim Ortu Siswi


Akhirnya pukul 16.30 acara buka puasa bersama yang dihelat Komite Sekolah/Forum kelas 7,8,9 dimulai. Setelah pembacaan kalam ilahi,  Ustadzah Ina Choriyati selaku pengelola sekolah memaparkan perkembangan siswi dan sekolah sejak masuk tahun ajaran baru 2009-2010.

Acara tausiyah oleh Ustadz Shohibul Anwar,  MHI menguraikan tentang hakikat  pendidikan  berbasis tauhid. Pendidikan berbasis tauhid adalah pendidikan dari Allah (minallah), bersama Allah (ma’allah), karena Allah (lillah), dengan cara Allah (billah), dan menuju Allah ( ilallah).

  • MINALLAH (dari Allah), artinya sumber ilmu berasal dari Allah baik yang berupa ayat-ayat qawliyah (Al Quran) dan ayat-ayat kauniyah (Alam semesta). Keduanya  tidak terpisahkan dan tidak boleh dipisahkan.
  • MA’ALLAH (bersama Allah), artinya seorang anak dididik untuk bersama Allah dalam lingkungan yang mengkondisikannya untuk sibuk taat kepada Allah. Seperti Ibrahim dalam mendidik anaknya di lembah Bakkah didekatkan ke Baitullah, dan seperti Imran mendidik putrinya (Maryam) kepada Nabi Zakariya di Baitul Maqdis.
  • LILLAH (karena Allah), artinya guru yang mengajar, murid yang diajar dan orang tua yang menyerahkan ke sekolah harus ikhlas karena Allah dalam melangsungkan proses pendidikan.
  • BILLAH (dengan cara Allah) artinya metode pengajaran merujuk pada bagaimana Allah mengajar para nabi/Rasul, bagaimana para Rasul mengajar pengikutnya yang setia, bagaimana para sholihin mengajar kepada manusia di lingkungannnya.
  • ILALLAH (menuju Allah) artinya hasil pendidikan sebagai output adalah hamba-hamba Allah yang beraktifitas untuk mengagungkan Allah bukan hamba materi (harta) atau kekuasaan yang mengagungkan dirinya sendiri.

Alhamdulillah, suatu pencerahan telah diberikan. Semoga forum silaturrahim ini mengundang keberkahan sehingga mendatangkan suasana yang penuh kebahagiaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s