Outdoor Activity: Ampel’s Effect


Bertepatan dengan datangnya bulan Dzulhijjah 1430 H, Kamis (19/11) siswi SMP Putri Lukman Al Hakim Hidayatullah, Surabaya, mengunjungi kompleks wisata religi dan perkampungan Ampel. Tujuannya adalah belajar sosiologi yaitu asimilasi budaya islam dengan budaya yang ada sebelumnya dan budaya baru yang datang.

Sebanyak 55 orang siswi terbagi dalam 7 kelompok dengan guru pendamping 9 orang siswi SMP yang berada tidak jauh dari kampus ITS Surabaya ini, berangkat dari sekolah menuju wisata religi masjid Ampel.

Tidak hanya mengenal lingkungan wisata religi Ampel, siswa juga berkewajiban menggali berbagai informasi, terkait dengan kompleks wisata religi. Misalnya tentang kapan masjid di lingkungan Ampel dibangun.

Tidak hanya itu, siswa juga wajib mendapatkan informasi tentang bagaimana keseharian masyarakat di lingkungan lokasi wisata religi Ampel tersebut. Termasuk bagaimana sikap mereka ketika para peziarah membanjiri Ampel.

Menurut Ust Andri selaku penanggung jawab acara sekaligus koordinator akademik, bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai langkah pembelajaran di luar kelas, atau dilapangan berkaitan erat dengan kurikulum integral yaitu pembelajaran realitas sesungguhnya. Seperti pembelajaran tentang asimilasi budaya, mereka dapat melihat sendiri bagaimana orang-orang berbagai etnis berinteraksi sosial. Di daerah Ampel juga dapat dilihat bagaimana sejarah para wali yang menyiarkan Islam di Indonesia. Itu dapat dilakukan dengan melihat bukti langsung berupa makam yang ada.

Yang menarik, kegiatan yang diikuti sekurangnya oleh 55 siswi SMP Putri Lukman Al Hakim Hidayatullah, Kamis (19/11) seluruh peserta diwajibkan menggunakan bahasa Arab yang sudah dipelajari sebagai bahasa pengantar saat berinteraksi dengan warga keturunan Arab.
Wow, seru… meski cukup malu-malu Serlin (8C) tampak mencoba berkenalan dan bertanya pada bapak penjual busana muslim dipandu Ustazah Laila yang ternyata warga Ampel. Lain halnya dengan kelompok yang dipandu Ustazah Tyas, mereka asyik mendengarkan penuturan ibu-ibu cantik peranakan Arab tentang sosiologi warga Ampel.

Iklan

6 thoughts on “Outdoor Activity: Ampel’s Effect

  1. nadia berkata:

    iya… pengalaman studi wisata yang [sedikit] menyenangkan… -.-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s