Ujian Terbuka Quran 2010


Penguasaan Al Quran bagi seorang muslim sangat penting. Sejak dini anak-anak kita mengenal Al Quran insya Allah akan membawa kebaikan baginya sesuai dengan firman-Nya: Allah menganugrahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Qur’an dan As Sunah) kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan barang siapa yang dianugrahi al hikmah itu, ia benar-benar telah dianugrahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah). QS 2:269.

Pembelajaran Al Quran menjadi prioritas utama di SMP PUTRI. Pada awal masuk SMP PUTRI para siswi dengan berbagai latar belakang mengikuti tes Al Quran untuk mengukur kemampuan membaca, mengingat, menulis dan menterjemahkan ayat-ayat Al Quran saat itu. Berdasar data yang diperoleh para ustadz/ustadzah melakukan persiapan pembelajaran sesuai metode yang ada di SMP PUTRI untuk mencapai target penguasaan Al Quran secara bertahap.

Program-program  penggiatan ghirah berQURAN di SMP Putri ini juga telah dilakukan. Bagi siswi yang masih sangat kurang dalam membaca huruf hijaiyyah program pertama adalah pelatihan iqra (membaca), bagi yang bacaannya kurang tepat ada pelatihan tajwid dan tahsin. Bersamaan dengan itu ada program tahfidz (mengingat dan menghafal ) Al Quran dengan target sebanyak 2 juz. Bagi penghafal pemula, targetnya adalah juz 30 dan 29. Bagi penghafal lanjut dapat meneruskan dengan menghafal juz 1 dan 2 dan seterusnya. Selain membaca dan mengingat, ada program tarjamah secara lafdhiyah (kata per kata) dengan tujuan supaya siswi tidak sekedar mengingat,  tetapi juga mengetahui arti ayat yang dihafalnya. Program pendukung adalah tafsir singkat yang diberikan oleh ustazah dalam jam pelajaran Al Quran di kelas atau setelah murajaah (mengulang) bacaan di pagi hari sebelum masuk kelas. Diharapkan Al Quran benar-benar dipahami para siswi dan diamalkan dalam kehidupannya kini dan mendatang.

Pada akhir kelas 9, para siswi yang telah digembleng dengan pembelajaran Al Quran selama 2 tahun lebih wajib mengikuti Ujian Terbuka Al Quran (UTQ). Ujian ini terdiri dari Uji Hafalan Surat-surat Al Quran di hadapan audiens dan Uji Tarjamahnya. Soal diberikan oleh 3 orang penguji. Mereka adalah Ustzh Ina Choriyati S.Ag, Ustzh Nin Ros Lailassaidah Effen, S.PdI, dan Ust. Mi’roji Agus, S.Ag. Penilaian UTQ ini meliputi fashohatul qiroah, tajwid, makhorijul huruf, adab qiroah, lahjah qiroah, dan tarjamah lafdliyah.

Alhamdulillah, hari Sabtu, 8 Mei 2010Ujian terbuka Al Quran dilangsungkan SMP Putri bertempat di Ruang Serba Guna Pesantren Hidayatullah Surabaya dengan lancar. Dimulai dengan majunya Anis Elisyah yang dengan meyakinkan membacakan surah Al Mulk dan tarjamah surah al Muzammil di depan hadirin yang terdiri dari Pengelola Yayasan, Ustadz-ustadzah SMP Putri, para wali siswi kelas 9 dan adik-adik kelas 7 dan 8 yang turut memberikan apresiasi. Para siswi tampak percaya diri, karena pada satu minggu terakhir ada kegiatan Pemondokan Al Quran. Kegiatan ini bertempat di luar kampus di rumah tersendiri dengan tujuan mengkonsentrasikan para siswi ke UTQ. Walhasil, tidak mengecewakan, para wali siswi merasa bangga dengan pelaksanaan UTQ ini. Banyak yang mencucurkan airmata sepulang dari acara UTQ karena para orang tua telah memberikan pendidikan terbaik dengan pembelajaran Al Quran. Ust. Mi’roji Agus S.Ag sebagai salah satu penguji memesankan kepada para siswi untuk menjaga hafalan dan meningkatkannya. Sebaik-baik orang menurut Rasulullah adalah orang yang belajar al quran dan mengajarkannya. Artinya para siswi yang belajar al quran adalah orang yang mendapat kebaikan yang besar.

Bagi para ustadz/ustazah dan siapa saja yang mau mengajarkan Al Quran juga insya Allah mendapat pahala/kebaikan yang tidak terhingga. Jika 1 huruf itu 10 kebaikan berapa kebaikan yang akan diperoleh orang yang senantiasa melfazkan Al Quran? Masya Allah. Allahu akbar.

Bagi para ortu, suatu anugerah besar bila anak-anaknya menjadi penghafal Quran karena itu adalah aset untuk menghadap Allah nanti di akhirat agar memperoleh ridha dan surga-Nya.

Selamat bagi ananda siswi kelas 9 yang telah menuntaskan episode ujian di SMP PUTRI. Kiranya Allah senantiasa melindungi kalian dan menjadikan kalian sebagai generasi Qurani yang tentunya berakhlak qurani. Generasi  unggul umat ini.

One thought on “Ujian Terbuka Quran 2010

  1. abi enha mengatakan:

    SlmWrWb
    Hmm …. jadi ingat kembali saat2 putri pertama kami mengikuti ujian terbuka hafalan di spiluqkim setahun silam. Deg2an, mengharukan sekaligus membanggaan ! Rasanya tak sia2lah segala upaya kami curahkan untuknya selama ini.
    Dan seperti ustadMi’roji pesankan adalah : BAGAIMANA MENJAGA HAFALAN AL-QUR’AN TERSEBUT.
    Beberapa tips yang selama ini kami biasakan :
    1. Dalam perjalanan keluar kota bersama kelg, kami putar mp3 juz30 & juz29. Alhamdulillah ini bisa jadi ajang review antara kaDelftya (kls10), kaAzhra (kls5) dan deRizhqa (kls3)
    2. Pada kesempatan sholat fardlu berjamaah (maghrib & subuh) kami mencoba membacakan surat2 panjang ini. He hheee….. Abi enhanya jadi ikutan ‘dipaksa’ untuk menghafalkan !
    Kalau ada tips lain dari para ustadzah/ustadz dan orangtua wali, mari berbagi !
    Jazzaakallaahu khoir !

    abi enha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s