Mabit Ramadhan 1431 H


Bulan Ramadhan adalah bulan pelatihan. Banyak cara untuk memanfaatkan momen Ramadhan di sekolah. Salah satunya adalah kegiatan Mabit Ramadhan seperti yang dilaksanakan di SMP Putri Luqman Al Hakim. Mabit artinya bermalam, tetapi umumnya juga dikenal kependekan dari Malam Bina Iman Taqwa.

Tema Mabit Ramadhan kami di 2010 ini adalah melejitkan energy iman menuju taqwa. Acara ini diselenggarakan oleh SMP Putri secara mandiri. Acara dibuka Jumat pagi (27/08) oleh Ust. Rahmi Andri mewakili kepala sekolah SMP Integral Luqman Al Hakim. Merasakan hidup berjamaah di bulan suci, menebar solidaritas dan kasih sayang, muhasabah, dan ibadah, itulah inti sambutan pembukaan mabit 2010 ini.

Materi pertama disampaikan tausiyah dari Ust Nur Aziz yang menyampaikan tema proaktif dalam meraih kemenangan. Materi dilanjutkan oleh ustazah Feni yang membawakan tentang kreasi busana muslimah yang tetap syar’i. Setelah break ada kajian dan tips kesehatan di bulan puasa yang disampaikan Ustzh Nurita.

Tiba waktu dhuhur kegiatan berpindah di mushola Assakinah. Tadarus Quran, Khitobah, sholat berjamaah, dan wirid itulah yang dilakukan disana. Acara dilanjutkan dengan diskusi tentang mitos-mitos seputar Ramadhan yang dipandu Ustazah Nin Ros Laila , sampai menjelang ashar. Waktu ashar tiba untuk bersih-bersih dan sholat. Bakda ashar digunakan untuk mempersiapkan buka puasa bersama orangtua.

Forum Kelas 7,8,9 dikoordinir oleh Bpk Hendra (Wali siswi Maharani 7C) dan Bpk Asmungi (wali dari Surya 8C) telah menyusun acara untuk menjelang datangnya saat berbuka. Acara diisi oleh Ust Miftakhuddin, yang menyampaikan tentang orientasi hidup, dan amanah Allah berupa putra putri.

Bakda isya, dari jam 07.30-08.30 acara diisi oleh Ustazah Ina Choriyati dengan energi iman secara interaktif dan aplikatif. Sebagai acara penutup sebelum tidur dipergelarkan acara Kethoprak Ramadhan dengan judul RSJ SSSS E&6N yang bertema permasalahan remaja. Kethoprak jenaka ini dibawakan Ust Nur Aziz (sebagai Sutrimoo pasien RSJ), Ust Novrian (sebagai dokter Ecko), dan Ust Andri (sebagai ketua RT CIX Kejawan). Acara ini cukup menghibur karena penuh humor apontanitas tetapi tetap berada pada koridor . Pesan yang ingin di sampaikan adalah Allah Maha Pengatur dan jangan putus asa.

2 thoughts on “Mabit Ramadhan 1431 H

  1. abi enha mengatakan:

    Assalaamu’alaikum
    SUBHANALLAH, kembali blog SpiLuqKim ini mencuri perhatian kami sekeluarga. Kegiatan2 konstruktif baik dalam pembentukan karakter Islami maupun academic culturenya, bak mata-air yg tak pernah kering mengalir (sampai jauh) bagi putri2 kita para mujahidah muda ini dalam mengikuti proses “madrasah” disini. Semoga setiap langkah dari para asatidz dalam rangka kontribusi pembentukan peradaban tauhid (melalui SpiLuqKim ini) dicatat ALLAH SWT sbg amal ibadah jariyah yang tak pernah putus sampai di hari akhir nanti. InsyaALLAH ….
    Salam dan Doa kami sekeluarga, untuk seluruh keluarga besar SpiLuqKim. Sungguh kami merindukan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan panjenengan semua (seperti tahun2 yang lalu, saat Delfty ‘nyantri’ disini) Semoga diwaktu yad, kami diijinkan ALLAH SWT untuk kembali bergabung bersama komunitas yang luar biasa ini. Wallaahu’alam
    Wassalaamu’alaikum
    abi & umi enha,
    bersama: delfty – azhr – rizhq

  2. izza mengatakan:

    wah…
    SPiluqkim semakin hari semakin maju…

    jadi pingin berkunjung ke sana…

    semoga sukses!
    =)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s