Santri Day 2010


Santri Day, istilah baru ditelinga siswi putri (fullday) tetapi sudah familiar bagi siswa putra (boarding) yang dipakai sebagai nama kegiatan akhir semester dihelat selama dua hari 23-24 Desember 2010. Agenda ini cukup berbeda dengan kegiatan tahun-tahun sebelumnya yang bernama class meeting atau class theme competition atau integral teen competition. Kenapa beda? Yah, karena paradigma yang dibangun adalah pendidikan pesantren (walaupun fullday school). BTW, tidak perlu berpanjang lebar tentang judul acara, ya….. Apa saja kegiatannya?

1. Lomba spelling

Spelling atau mengeja kata dalam bahasa Inggris cukup seru. Ayo siapa juaranya? Ternyata yang menjadi best speller tahun ini adalah Nadia 9C dan Asya 9C. W alaupun ada saingan berat dari kelas 8C yaitu Adelina yang native dari Australia, hasilnya menetapkan seperti itu. Good job Nadia…Asya…

Ngomong-ngomong ada yang kasih masukan supaya nggak cuma spelling bahasa Inggris saja tetapi spelling bahasa Al Quran. Ya…insya Allah kesempatan mendatang…terima kasih sarannya Ustad.

2. Tartil

Membaca quran dengan tartil sangat dianjurkan oleh Allah. Nah, sewaktu tartil quran dihelat, suasana ruang menjadi serius. Memang adabnya kan begitu? Saat dilantunkan ayat-ayat-Nya kita harus mendengarkan. Baca puisi saja kalau penontonnya ramai bisa kehilangan pesannya, bukan? Alhamdulillah the best-nya masih dipegang Mutia Rahmania 9C diikuti Nabila 8C. Ayo…yang lainnya … siapa lagi ?

3. Senam

Nah, ini yang seru! Senam apa tari, ya? Kayaknya dua-duanya. Walaupun inti gerakannya adalah senam, tetapi pakai koreografi. Boleh menggunakan suara ketukan irama dari tape/laptop. Lho kok ada yang nyiapin musiknya Justin Bieber segala? Emangnya tidak boleh? Coba deh, dengan pelajaran keislaman yang sudah kalian dapatkan aplikasinya seperti apa? Ada yang menggunakan nasyid dengan irama ketukan rancak, kan  juga nggak kalah sama hip-hop dance music?   Lain kali mesti lebih bisa milih, nak ya… Lombanya antar kelas dan diadakan di ruang tertutup (indoor). Ya iya lah! Di pesantren ini kan lagi ada proyek pembangunan gedung, otomatis kalau di luar kelihatan sama mas-mas itu …  di mana syar’inya? Finally, senam juga dimenangkan kelas 9C. Masya Allah….. 9C  kali ini mendominasi,  nih.

4. Lomba menulis Puisi

Ustadz Nur Azis yang rajin bersyair sebelum lomba tampak menggoyang-goyang bibir. Rupanya dia  memegang mic yang  agak dipelintir, petugas sound system pun tampak nyengir.

Pak Nur Azis membuka rahasia bagaimana cara dia menulis  puisinya. Kata dia: tak perlu lihat subyek predikat obyeknya, supaya tidak jadi karya ilmiah remaja. Gunakan majas atau gaya bahasa supaya tidak jadi cerpen saja.

Kalau tak ada inspirasi, bayangkan sosok atau kejadian sehari-hari. Pas hari ini bertema wanita sebagai inspirasi , gunakan itu sebagai imajinasi.

 

 

 

Selesai

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s