Spiluqkim is moving class now


Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah kondisi suatu kaum jikalau kaum itu sendiri tidak mau mengubahnya.

Inovasi internal di SMP Putri Luqman Al Hakim mulai menapaki babak baru. Mulai semester genap 2010-2011 ini rencana menjalankan sistem belajar moving class benar-benar direalisasikan, tepatnya mulai Senin 17 Januari 2011.

Kelas bergerak (moving class) adalah sistem belajar dimana peserta didik/kelompok belajar berpindah ruangan setiap penggantian pelajaran sesuai mata pelajaran yang dipelajarinya, guru mata pelajaran beserta perangkat pembelajarannya menetap di ruang mata pelajaran yang telah ditetapkan. Dengan demikian maka di SMP Putri Luqman dapat kita temui kondisinya berkarakterisitik sebagamana kelas bergerak yaitu:

Pendidik menetap dalam ruang mata pelajaran, peserta didik berpindah-pindah ,

Alat peraga/alat bantu KBM berada dalam ruang mata pelajaran, Ruang belajar mencirikan kekhasan mata pelajaran,

Identitas ruang belajar adalah ruang mata pelajaran atau  sentra rumpun mata pelajaran,

Setiap pergantian mata pelajaran peserta didik berpindah ke ruang mata pelajaran lain sesuai mata pelajaran yang dipelajarinya,

Setiap pergantian pelajaran tercipta suasana baru bagi peserta didik karena kondisi ruang mata pelajaran yang suasananya berbeda-beda.

Saat ini ruang belajar mengadopsi model sentra yang terdiri dari 5 sentra yaitu sentra Imtaq 1 (Al quran, Aqidah dan Pengembangan Diri Muslimah), Imtaq 2 (Fiqh dan Bahasa Arab), Sentra Social Skill (IPS, KTK, Seni Budaya, Bimbingan Konseling, dan Mulok Bahasa Daerah), Sentra Bahasa (Indonesia dan Inggris), dan sentra Matematika & Sains. Selain itu masih ada ruang belajar lain yaitu Labkom (TIK) dan lab Bahasa .

Perubahan dari kelas menetap menjadi kelas sentra ini telah melalui tahap persiapan konsep pengembangan kurikulum integral yang dimusyawarahkan  di Batu bulan Desember 2010. Ada beberapa hal yang mendorong untuk melaksanakan system moving class (sentra) diantaranya:

1. Pengembangan model kurikulum integral mengisyaratkan suatu perubahan menuju paradigma integral (dari bahasa latin integralis artinya menjadikan utuh) yaitu dari pembelajaran yang masih terfragmen menjadi pembelajaran yang paling tidak mendekati holistic dan interwoven atau keterjalinan antar bidang studi. Bahkan, bidang-bidang studi yang populer menjadi ilmu yang terpisah seperti fisika, biologi, kimia dipadukan kembali menjadi IPA terpadu danmenjadi satu fakultas dengan matematika, sehingga diadakan dalam satu sentra MIPA. Dengan memperhatikan 7 domain kurikuler yaitu ranah kognisi, afeksi, fisik/psikomotorik, social, bahasa , estetik, dan spiritual islam, diharapkan dapat membentuk para peserta didik menjadi SDM yang berkarakter integral (manusia seutuhnya, insan kamil), baik jasmani, akali, maupun ruhani. Selanjutnya untuk menuju keutuhan perlu suatu benang merah antar sentra ini yang dapat dilakukan dengan pembelajaran tematik.

2. Dengan pertimbangan dan kalkulasi dari pengelola baik sisi SDM maupun sarana saat ini cukup memungkinkan SMP Putri melaksanakan moving class.

3. Dampak positif yang diharapkan dari moving class diantaranya, mengoptimalkan media yang ada untuk pembelajaran, pengamatan lebih seksama proses belajar anak oleh tim guru, koordinasi yang lebih intens antar guru mata pelajaran serumpun, orkestrasi ruang akan lebih tampak, kedisiplinan murid akan terpantau, murid adalah benar-benar mencari ilmu dan guru sesuai kaidah syar’i, efektifitas waktu belajar dengan mengeliminasi waktu yang terbuang karena jam kosong sebab tim teaching dapat mengisi seperti rencana pembelajaran yang telah disusun bersama, assesmen dapat lebih otentik tidak sekedar paper and pencil test tetapi juga unjuk kerja yang teramati.

SMP Putri Luqman Al Hakim berusaha untuk membentuk budaya belajar yang semakin baik, dengan indikasi para siswa bersemangat belajar ke sekolah dan merasa senang/nyaman belajar di dalamnya. Sebuah usaha menuju perbaikan bukan tanpa kendala atau tantangan. Keyakinan untuk pendidikan anak-anak kita akan semakin baik menjadi kekuatan untuk menghadapi problema yang mungkin muncul. Kami berpegang teguh pada kalamullah, Sesungguhnya Allah tiada akan mengubah kondis suatu kaum jikalau kaum itu sendiri yang tiada mengubahnya. Pendidikan bukan sekedar transfer tetapi transform, bukan sekedar mengisi tetapi membentuk. Dalam transformasi ada perubahan dan itu seperti yang dipesankan pada ayat ini. Insya Allah(R Andri W)

2 thoughts on “Spiluqkim is moving class now

  1. abi enha mengatakan:

    Assalaamu’alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakatuuhu
    SUBHANALLAH, semoga semua usaha untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan manhaj hidayatullah (khususnya di SpiLuqKim) mendapat respons positif dari seluruh stak-holder.
    Dari pengalaman 2 (dua) bulan berjalan ini, bagaimana dengan effisiensi waktu untuk masing2 bidang studi ? Seberapa banyak waktu yang terbuang untuk proses perpindahan klas (sentra bid. studi) ? Kalau secara fisik gedung sekolah didesign secara vertikal (lebih dari 2 lantai) bagaimana antisipasinya ?
    Semoga SpiLuqKim sudah menyiapkan strategi jitu untuk mengantisipasi hal2 diatas. Mohon maaf dan selamat berinovasi melalui proses kreatif yang sustainable !
    Wassalaamu’alaikum
    abi enha
    (yang dhoif)

    alhamdulillah, masalah perpindahan tidak sampai buang waktu krn 5 menit sebelum pelajaran selesai sdh bel persiapan.

  2. muyassaroh mengatakan:

    pak, bagus banget programnya.
    semoga dengan ini adek kelas semakin tambah semangat belajarnya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s