Studi Ekskursi 2013: Gresik Peculiar Food and Dalegan Beach


Senin, 25 Maret 2013

Studi Wisata atau kini di sebut studi ekskursi mengambil tema Industri Rumah Tangga makanan tradisional Gresik. Rombongan SMP Luqman Al Hakim Kelas Putri menuju ke UKM milik Ibu Muzanah yang terkenal dengan aneka olahan bandeng. Disana ada produk bandeng asap, bandeng presto, otak-otak bandeng, bahkan abon dari duri bandeng.Hebatnya, di tangan kreatif  orang -orang Gresik ini nyaris dari seekor bandeng tak ada tersisa mubazir semua terolah! Per hari rata-rata dari rumah kerja UD Bu Muzanah ini 500-1000 ekor bandeng terolah. subhanallah!

 

Para santriwati secara berkelompok melihat dan sesekali terlibat dalam proses pembuatan bandeng di dapur kerjanya. Anak-anak terlihat sangat antusias banget!

lihat bandeng

bakarbandeng

duribandeng

lihat dapur

lihat bandeng2Selain bandeng ada usaha pengolahan pudak dan jenang. Ciri khas dari produk ini adalah kemasannya masih  terbuat dari pelepah pinang/pucang yang disebut ‘opik’. Para santriwati pun antusias mengikuti proses pembuatan dan penjelasan dari para pemandu.

pudakjadi

isipudak

dirumahjenang

adukjenang

adukjenangguru

Setelah selesai berkeliling tak lupa mereka membeli oleh oleh khas Gresik ini.

cinderamata??????????

Nah ini dia, saat santai!

sholat dhuhur Dari kota gresik melaju ke arah barat (Lamongan) dengan tujuan Wisata Indah Dalegan (WISID) sebuah pantai berpasir putih yang cukup asri.

pantai dalegan

gamedalegan1gamedalegan2

Cebuur….. sambil tadabbur alam ciptaan Allah. Masya Allah. Robbana maa kholaqta hadza baathilaa… Semua santri bersukacita dengan game-game dari Organisasi Pelajar Luqman Al Hakim. mereka juga mengajak para ustazah berendam di tepi pantai. Asyiik…!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s